Daftar Pondok Pesantren Dekat UIN Walisongo

Pesantren Dekat UIN Walisongo

Pondok Pesantren Dekat UIN Walisongo – Menjadi mahasiswa sekaligus menjadi santri adalah pilihan yang seringkali diambil oleh sebagian orang. Hal ini karena selain dapat belajar ilmu di perkuliahan, mahasiswa juga sekaligus bisa menimba ilmu agama di pondok pesantren. Tak terkecuali bagi mahasiswa UIN Walisongo Semarang.

Daftar Pondok Pesantren Dekat UIN Walisongo:

Berikut daftar pondok pesantren dekat UIN Walisongo Semarang yang bisa dijadikan pilihan:

1. Ma’had Al-Jamiah UIN Walisongo

Ma’had Al-Jamiah Walisongo merupakan pondok pesantren khusus putri yang dikelola oleh UIN Walisongo. Letaknya yang berada di dalam area kampus II UIN Walisongo memudahkan santrinya untuk ke kampus dengan berjalan kaki. Tidak hanya itu, penciptaan lingkungan dan budaya islami dengan konsep pesantren yang diterapkan di Ma’had Al-Jami’ah Walisongo, memungkinkan santri untuk menerapkan dan merasakan langsung nilai-nilai ajaran Islam dalam hidupnya.

Ma’had Al-Jamiah Walisongo dikembangkan untuk menciptakan suasana belajar dan proses pembelajaran yang memungkinkan mahasiswa dapat secara aktif mengembangkan potensi diri. Hal ini dimaksudkan agar santri memiliki kompetensi di bidang bahasa Arab dan Inggris sebagai bekal untuk membaca literatur-literatur asing yang diperlukan selama mengikuti perkuliahan di fakultas masing-masing. Jadi untuk mahasiswa yang ingin meningkatkan skill berbahasa asing, Ma’had Al-Jamiah bisa menjadi salah satu pilihan.

Pengasuh : DR. KH. Fadlolan Musyaffa’ Lc. MA,
Alamat : Kampus II UIN Walisongo, Jalan Prof Hamka Ngaliyan Semarang
Narahubung: 085640205585 (Syifa) / 08979790075 (Hubbi)

2. Pondok Pesantren Darul Falah Be-Songo

Pondok Pesantren Darul Falah Besongo berdiri sejak tahun 2008. Nama Darul Falah sendiri merupakan tafa’ul dari pondok pesantren Darul Falah Jekulo Kudus yang diasuh oleh Romo KH. Ahmad Basyir, mertua pengasuh Pesantren Darul Falah Besongo, KH Imam Taufiq.

Visi Pesantren Darul Falah Besongo adalah menyelenggarakan pengajaran pendidikan pesantren yang berbasis dzikir, fikir dan amal shaleh. Dengan pijakan tersebut, pesantren Darul Falah Besongo walaupun berada di tengah pemukiman perumahan kota tetap membawa visi sosial, dan kedamaian yang membawa susana prinsip desa yang kental akan kultur.

Untuk menuju ponpes ini dapat ditempuh dengan jalan kaki dengan jarak tempuh hanya sekitar 5-15 menit saja. Letaknya yang berada di tengah perumahan menjadikan ponpes ini menyelenggarakan model pendidikan pesantren di tengah masyarakat. Jadi para santri bisa langsung berinteraksi dengan masyarakat sekitar pondok yang tentunya memiliki karakter yang beragam.

Untuk info pendaftaran bisa langsung datang ke pondok pesantrennya atau membuka website be-songo.or.id

Pengasuh : Prof. Dr. KH. Imam Taufiq M.Ag & Dr. Mukhyar Fanani
Alamat : Perumahan Bank Niaga Blok B9 Jalan Prof. Dr. Hamka Ngaliyan Semarang
Narahubung: 087831940590 (M. Faiq Azmi) & 085701527869 (Itsna Tifani)

Baca juga: Daftar Pondok Pesantren Sekitar Unnes

3. Pondok Pesantren Ulil Albab

Ma’had Ulil Albab adalah sebuah asrama pesantren yang dibentuk 14 tahun lalu. Ma’had Ulil Albab menjadi wadah bagi para mahasiswa yang ingin belajar, mawas diri dan mengembangkan diri. Ma’had Ulil Albab ini terbagi dua, yakni Ma’had Ulil Albab Lil Banat khusus bagi perempuan dan Ma’had Ulil Albab Lil Banin untuk laki-laki.

Diantara kegitan di ma’had  ini mulai dari mengaji kitab Tafsir Munir, Ihya Ulumudin, Tanbighul Ghofilin, kelas bahasa arab, kelas bahasa inggris, diskusi rutinan, khitobah, dzibaan, dan tahlilan. Ma’had ini juga memiliki aturan bagi para santri yang wajib ditaati seperti adanya jam malam pada pukul 22.00 WIB (sepuluh malam), wajib ikut kegiatan asrama, wajib tinggal di asrama, serta wajib mentaati tata tertib dan segala peraturan asrama.

Pengasuh : Dr. KH. Abdul Muhayya
Alamat :

– Perumahan Bakti Persada Indah (BPI) Blok P Jalan Prof. Dr. Hamka Ngaliyan Semarang (Asrama Putra)
– JL. Tanjung Sari Utara III No. 1 Tambak Aji, Ngaliyan Semarang (Asrama Putri)

Narahubung: 085842751276 (Barok) & 085823230752 (Udzma)

4. Pondok Pesantren Life Skill Daarun Naajah

Daarun Najaah yang resmi berdiri pada 12 Mei 2012 dengan menerapkan metode life skill yang masih jarang diterapkan oleh pesantren pada umumnya. Life Skill Daarun Naajah merupakan ponpes yang selain untuk memperdalam ilmu agama juga untuk pengembangan keterampilan dalam bidang non agama.

Selain kajian kitab-kitab kuning klasik tradisional, di pesantren ini juga ada kegiatan lain seperti adanya Koperasi Aliyya Himmah, Jaringan Spiritual Daarun Najaah, program bahasa seperti Daarun Najaah Arabic Club (DAC) dan Daarun Najaah English Club (DEC), komputerisasi, Rebana Al-Hanaana Grup untuk putra, dan Al-Zahiida Grup untuk putri, serta penerbitan Buletin An Najwa dan Al Mahboeb Football Club menjadikan para santri tersalurkan bakat dan minatnya.

Salah satu ciri khas dari pesantren ini adalah diajarkannya pendalaman Ilmu Falak, yaitu ilmu yang mempelajari peredaran benda-benda langit, khususnya bumi, bulan dan matahari untuk menentukan waktu sholat, arah kiblat, gerhana bulan dan matahari serta penentuan awal hijriyah.  Hal ini tidak terlepas dari pengasuh pesantren ini, KH. Ahmad Izzuddin yang merupakan Ketua Asosiasi Dosen Ilmu Falak Indonesia (ADFI), sekaligus dosen ilmu falak Fakultas Syariah UIN Walisongo, koordinator Diklat Lajnah Falakiyah PBNU Jawa Tengah serta anggota Badan Hisab Rukyat Kementerian Agama RI.

Pengasuh: Dr. KH. Ahmad Izzuddin, M.Ag
Alamat: Jl. Bukit Beringin Lestari Barat Kav. C Nomor 131, 754 dan 755 Wonosari, Ngaliyan, Kota Semarang
Narahubung: 089681086023 (Rif’an) 0248664881

Website: http://lifeskill-daarunnajaah.com

5. Pondok Pesantren Daarun Najaah

Daarun Najaah merupakan pondok pesantren dibawah asuhan KH. Sirodj Chudlori. Seperti halnya pondok pesantren pada umumnya, di sini selain bisa memperdalam ilmu agama juga bisa menambah wawasan umum dan pengembangan keterampilan diri. Daarun Najaah yang resmi berdiri pada 2001 menerapkan metode life skill yang masih jarang diterapkan oleh pesantren pada umumnya

Pengasuh: KH. Sirodj Chudlori
Alamat: Jl.  Stasiun No. 275 Jrakah, Kecamatan Tugu, Kota Semarang
Narahubung: 081228040349 (Falah) 085869959007 (Pengurus)

Baca juga: Daftar Pondok Pesantren Sekitar Undip

6. Pondok Pesantren Putri (PPP) Mbah Rumi

Nama MBAH RUMI merupakan singkatan dari “Mencari Bekal Akhirat Roudotul Ilmi”. Pondok pesantren dekat UIN Walisongo ini memiliki beberapa kegiatan yang menunjang kemampuan para santriwatinya.

Untuk pendaftaran menjadi salah satu santriwati di pondok ini bisa langsung datang ke asrama PPP Mbah Rumi atau menghubungi kontak pengurus untuk informasi lebih lanjut.

Pengasuh: Nyai. Hj. Isnayati Kholis
Alamat: Jl. Wismasari Raya no.15 Ngaliyan Semarang tepat didepan Puskesman Ngaliyan
Narahubung: 082225373440 (Pengururs)

7. Pondok Pesantren Tahaffudzul Quran

Pondok pesantren ini merupakan cabang dari Pondok Pesantren Tahaffudzul Qur’an yang ada di lingkungan Masjid Kauman, Semarang yang didirikan oleh KH. Abdullah Umar al Hafidz. Pondok pesantren ini bisa menjadi pilihan jika ingin kuliah sekaligus menghafal Al-Quran. Pondok pesantren yang diasuh oleh Nyai Hj. Aufa Abdullah Umar Alhafidzah ini memiliki program khusus bagi para santrinya yang ingin menghafal Al-Quran.

Untuk pendaftaran, pondok pesantren tidak menerapkan batas penutupan pendaftaran. Pondok ini tidak menerapkan persyaratan khusus. Bagi yang ingin menjadi salah satu santri di pondok ini langsung saja datang ke pondoknya atau menghubungi kontak yang tersedia di bawah.

Pengasuh: Nyai Hj. Aufa Abdullah Umar Alhafidzah
Alamat: Purwoyoso, Ngaliyan Semarang (Belakang Aneka Jaya)
Narahubung: 0857-2562-8992 (Novita Asyrofahnti)

8. Pondok Pesantren Al-Ma’rufiyyah

Al-Ma’rufiyyah merupakan pondok pesantren dekat UIN Walisongo yang menerapkan “Kunci Barokah” dalam setiap program pembelajarannya. Kunci barokah ini sendiri terdiri dari istiqomah, ngaji & jama’ah, khidmah dan ikhlas.

Penerimaan santri baru Pondok pesantren Al-Ma’rufiyyah tidak menerapkan batas penutupan pendaftaran. Bagi yang ingin menjadi salah satu santriwati di pondok putri ini bisa langsung datang ke asrama Pondok dan sowan ke KH. Abbas Masrukhin atau menghubungi kontak pengurus untuk informasi lebih lanjut.

Pengasuh:  KH Abbas Masrukhin
Alamat: Jl Beringin Timur Rt 2 Rw 8 Tambakaji Ngaliyan Kota Semarang 50185
Narahubung: 085799998677 (Pengurus) / 085642604061 (Cipto)

9. Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil-Aziziyyah

Pondok Pesantren Madrosatul Qur’anil-Aziziyyah merupakan salah satu pesantren salafiyah yang program pendidikan pondok pesantrennya berbasis salaf. Untuk kalian yang ingin memperdalam ilmu agama dengan sistem pondok pesantren salafiyah, PPMQA bisa menjadi pilihan.

Dalam penerimaan santrinya, PPMQA tidak menerapkan batas penutupan pendaftaran. Karena dari pihak pengurus selalu menerima santri sepanjang tahun dan kapan saja. Bagi yang ingin belajar di ponpes ini langsung saja datang ke pondok pesantrennya atau menghubungi kontak pengurus untuk informasi lebih lanjut.

Pengasuh: Nyai Hj. Nur Azizah Alhafidzah & Gus Khotibul Umam
Alamat: Beringin Rt 1 Rw 1 Ngaliyan Kota Semarang
Narahubung:  081315497127 (Lurah Pondok) 085799998677 (Pengurus) 024-7621004

10. Pondok Pesantren Fadhlul Fadhlan

Fadhlul fadhlan merupakan pondok pesantren billingual yang berbasis karakter salafi. Di pondok tersebut memiliki berbagai program yang menunjang soft skill bagi mahasiswa, di antaranya program pokok, program bahasa dan program kitab kuning. Selain ketiga program itu, pondok ini juga menyediakan bagi siapa saja yang hendak menghafal al Quran.

Pengasuh: Dr. KH. fadholan Musyaffa’, LC, MA.

Alamat: Jl. Ngrobyong RT 04 RW I, Dukuh Wonorejo, Kelurahan Pesantren, Kecamatan Mijen, Kota Semarang, Jawa tengah.

Narahubung: 0853-2589-1708 (Niha), 0812-2627-0472 (Ami)

11. Pondok Pesantren Riyadlu Jannah

Riyadlu Jannah merupakan pondok pesantren khusus santri putra.

Pengasuh: Drs. KH. Ahmad Anas, M.Ag

Alamat: Perum BPI Blok K Ngaliyan, Kota Semarang

Narahubung:  081215337772

12. Pesantren Raudlotut Thalibin

Pengasuh: KH. M. Qolyubi, S.Ag dan Nyai Hj. Muthohiroh

Alamat: Jl. Tugurejo Rt. 1 Rw. 1 Kecamatan Tugu Kota Semarang

Narahubung: 085799936589 (Fajri) 085740825204 (Lurah Putri)

13. Pesantren Roudlotul Qur’an

Pengasuh: KH. M. Thohir Alhafidz

Alamat: Jl. Kyai Gilang Mangkangkulon Tugu Kota Semarang

Narahubung: 081575524295 (Akrom) 085641573401(Dina)

14. Pesantren Tahfidzul Qur’an Al-Hikmah

Pengasuh: KH. Amnan Muqoddam

Alamat: Tugurejo Rt 7 Rw 1 Kecamatan Tugu Kota Semarang

Narahubung: 085701014351 (Lurah) 085640901883 (Dwi handayani)

15. Pesantren An-Nur

Pengasuh: Nyai Hj Lutfah Karim

Alamat: Jl. Tirto Rt 8 Rw 01 Karanganyar Tugu Kota Semarang

Narahubung: 08953842610 (Yusuf)

16. Pesantren Al-Ishlah

Pengasuh: Drs. KH. Ahmad Hadlor Ihsan

Alamat: Jl. Kiai Gilang Mangkangkulon Tugu Kota Semarang

Narahubung: 085642253112 (Basir) 085799702032 (Aini)
17. Pesantren Al Firdaus YPMI

Pengasuh: KH. Ali Munir

Alamat: Jl. Kedondong Dukuh Duwet Bukit Silayur Permai, Bringin, Ngaliyan, Kota Semarang

Narahubung: 085797402900 (Shodiq)

18. Pesantren Syifa’ul Jinan

Pengasuh: KH. Abdul Hakim Alhafidz

Alamat: Perumahan Bukit Beringin Lestari, Blok B Rt 01 Rw 16 Wonosari Ngaliyan Kota Semarang

Narahubung: 089674985253 (Rina)

19. Pesantren Nurul Anwar Islamic Center Manyaran

Pengasuh: KH. Muhibbin Alhafidz

Alamat: Jl. Abdul Rahman Saleh No. 285, Kalipancur Ngaliyan Kota Semarang

Narahubung: 085712355620 (M. Hafidzhin)

20. Pesantren Hidayatul Qulub

Pengasuh: K. Syaifuddin Zuhri Alhafidz

Alamat: Wahyu Asri (Depan Pasar Ngaliyan)

Narahubung: 0821 33349500

21. Pesantren Arrahmah

Pengasuh: Drs. KH. Parsin Abdullah

Alamat: Jl. Segaran 1 Jrakah Kota Semarang

Narahubung:  081226448659

22. Pesantren Roudhotul Muta’alimin 

Pengasuh: KH. Abrori Alamat: Jl. Anyar Wates Ngaliyan Semarang

Tim redaksi Suarr.id

About Redaksi

Tim redaksi Suarr.id

View all posts by Redaksi →