Pondok Pesantren Dekat UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga

Pondok Pesantren Dekat UGM

Bagi para para calon mahasiswa yang akan kuliah di Jogja sekaligus ingin memperdalam ilmu agama, ada baiknya tidak hanya berkegiatan di kampus, tapi juga di pondok pesantren. Berikut adalah berbagai pondok pesantren dekat UGM, UNY, UIN Sunan Kalijaga dan sekitarnya. Pondok ini memiliki kualitas cukup bagus dan siap menerima siswa/santri dari kalangan mahasiswa, dan lokasinya pun cukup dekat dengan kampus tersebut. Semoga bermanfaat.

Daftar Pondok Pesantren Dekat UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga

Berikut daftar pondok pesantren dekat UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga:

Pondok Pesantren Wahid Hasyim

Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim merupakan salah satu institusi pendidikan modern dan sosial keagamaan terkemuka di Yogyakarta. Nama Wahid Hasyim sendiri merupakan nama yang diberikan oleh pendiri KH. Abdul Hadi As-Syafii untuk sebuah pondok pesantren pada 11 Maret 1977 M yang memiliki tujuan mewujudkan santri yang mempunyai intelektualitas keagamaan yang luas dan juga berdedikasi tinggi dengan didasari akhlaqul karimah.

Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim memiliki visi sebagai pusat pengembangan agama Islam dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi wahana bagi terbentuknya pribadi muslim yang berilmu, berhaluan Ahlussunah wal Jamaah, berakhlak mulia, berjiwa khidmah, mandiri, dan berwawasan kebangsaan

Baca juga: Pondok Pesantren Sekitar Unnes

Alamat: Jl. Wahid Hasyim No. 3 Nologaten, Condongcatur, Depok, Sleman, Yogyakarta
Pengasuh: Drs. KH. Jalal Suyuthi, S.H.

Narahubung:

Instagram: @pp_wahidhasyim

Pondok Pesantren Aswaja Nusantara

Pondok Pesantren Aswaja Nusantara didesain khusus untuk mahasiswa agar meraih prestasi akademik, berakidah ahlus sunnah waljamaah an-nahdliyyah yang kuat, berkarakter akhlakul karimah, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang memadahi. Karena dikhususkan untuk mahasiswa, maka kegiatan dan program yang ada di pesantren ini disesuaikan dengan jadwal perkuliahan di kampus.

Atmosfer akademik dan keagamaan merupakan dua hal yang menjadi kultur dalam proses sehari hari di pesantren ini. Tujuannya adalah untuk mencetak kader santri mahasiswa calon pemimpin bangsa yang memiliki kesiapan untuk meneruskan jenjang akademik yang lebih tinggi.

Alamat: Jl. Masjid Patok Negoro, Mlangi, Nogotirto, Gamping, Sleman, Yogyakarta 55592
Pengasuh: K. Mustafied

Telp: 0274625843

Narahubung: 081933093376

Instagram: @ppmaswajanusantara

Pondok Pesantren Al Barokah

Pada tahun 1998, KH. Ali Maksum, pengasuh Pondok Pesantren Krapyak Yogyakarta, meminta kepada santrinya K.H. Rosim Al Fatih, Lc. untuk pulang ke tanah air setelah 11 tahun memperdalam ilmu agama di Arab Saudi. Beliau meminta sang santri untuk mensyiarkan Islam di wilayah kota Yogyakarta bagian utara. Tidak lama kemudian, berdirilah lembaga pengajian dan pendidikan keagamaan yang bernama lengkap Pondok Pesantren Al-Barokah. Pesantren yg difasilitasi 5 asrama ini merupakan pesantren yang memadukan kajian kitab kuning, hafalan Alquran dan amalan mujahadah. Pesantren Al Barokah hanya berjarak 3-5 Km dari UGM, UNY, dan UIN Sunan Kalijaga.

Alamat: Jl. Gotong Royong, Karangwaru Lor Tegalrejo 2 no. 1107 Yogyakarta

Pimpinan : KH. Rosim Al Fatih, Lc.

Instagram: @ppalbarokah

Pondok Pesantren Inayatullah Yogyakarta

Pondok Pesantren ‘Inayatullah berdiri sejak tahun 1998 di atas tanah wakaf milik Ibu Menik. Sebelumnya tanah wakaf tersebut hanya ingin digunakan untuk pendirian masjid an-Namiroh, namun karena keinginan yang lebih besar dari para perintis yakni untuk memaksimalkan kegiatan dakwah di Desa Sariharjo dan sekitarnya.

Santri di Pondok Pesantren ‘Inayatullah didominasi oleh pelajar dan mahasiswa, baik santri putra maupun santri putri. Para santri yang mondok di pondok pesantren ‘Inayatullah kebanyakan berasal dari universitas di sekitar kota Yogyakarta seperti Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Teknologi Yogyakarta (UTY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka), STIMIK AMIKOM, dan beberapa santri masih mengenyam pendidikan menengah.

Dalam hal kurikulum, Pondok Pesantren ‘Inayatullah mempunyai lima tingkatan kelas madrasah yang terdiri dari kelas ‘Ibtida Awal, ‘Ibtida Tsani, Jurumiyah, ‘Imrithi, dan Alfiyah.  Dalam satu tahun ajaran terdapat dua kali ujian. Pertama, ujian semester dan yang kedua ujian akhir untuk menentukan kelayakan kenaikan kelas. Setiap kenaikan kelas, santri akan mendapat rapor yang berisi nilai dari setiap mata pelajaran pondok yang diajarkan, seperti tauhid, akhlak, fiqih, imla’, nahwu, shorof, dan tarikh.

Baca juga: Pondok Pesantren Sekitar Undip

Kegiatan santri di Inayatulllah dimulai sejak sore hari hingga pukul sepuluh malam dan di pagi hari Ba’da Subuh hingga pukul enam pagi. Kegiatan pagi hingga siang dibebaskan untuk kegiatan di luar pesantren seperti kuliah dan sekolah. Di malam hari, sejak maghrib santri disibukkan dengan ibadah, misalnya shalat berjamaah, pembacaan al-Fatihah sebanyak 11 kali, dan tadarus al-Quran. Setelah itu para santri memulai rutinitas Madrasah Diniyah dan kajian kitab. Di pagi hari santri-santri mempunyai kegitaan mujahadah, sorogan al-Quran, dan musyawarah. Selain rutinitas itu, para santri juga mempunyai kegiatan lain yang sifatnya ekstrakurikuler di antaranya adalah, hadrah, grup shalawat hayatul qulub, kerja bakti, tahlilan, pengajian selapanan, khitobah, pembacaan maulid.

Alamat: Jl. Monjali  No. 20 Nandan, Sariharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581
Pimpinan: KH. Chamdani Yusuf

Informasi web: http://ponpesinayatullah.com/

Narahubung: 082314342223 (Kantor), 085640298722 (Fikri)

Instagram: pp.inayatullah

Pondok Pesantren PP. Ki Ageng Giring

Pondok tersebut didirikan oleh KH. Musyafak yang kemudian kini diasuh oleh Kyai Zaini Adnan masih mempertahankan pengajian Al Qur’an, kajian kitab salaf (layaknya Fathul Qorib, Ta’limul Muta’alim Qomi’u al Thughyan, Jurumiyyah, Durotul Baghiyah,  Sullamu at Taufiq, Lubbabu al Hadits dll), tahfidzul quran, mujahadah, sholawat hingga pelatihan khitobah.

Alamat : Jl. Kaliurang Km. 9 No. 13 Tambakan Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Pimpinan : KH. Moh. Zaini Adnan

Telp: 0274885375

Instagram @ppkiagenggiring

Tim redaksi Suarr.id

About Redaksi

Tim redaksi Suarr.id

View all posts by Redaksi →