Kuliah sambil Ngaji? Inilah Daftar Pondok Pesantren Dekat Unsoed

Pondok pesantren dekat unsoed

Pesantren dekat Unsoed – Menjadi mahasiswa adalah fase dimana seseorang dituntut untuk mandiri dan bersikap lebih dewasa. Maraknya pergaulan bebas di lingkungan kampus mengharuskan para mahasiswa untuk pandai-pandai memilih dan memilah mana yang baik dan mana yang kurang baik. Untuk itu, salah satu benteng yang paling efektif adalah dengan pendalaman agama yang kuat.

Ngaji (mondok) adalah salah satu pilihan terbaik untuk bisa lebih mendalami ilmu agama islam sekaligus tempat untuk mempelajari dan memperbaiki adab. Ngaji bisa diperoleh di berbagai tempat salah satunya di pondok pesantren. Selain ngaji, santri juga diajari kebiasaan dan adab tata krama. Di dalam pondok pesantren juga dibekali berbagai keahlian selain ngaji.

Banyaknya jumlah mahasiswa di daerah Unsoed dapat memanfaatkan adanya pondok pesantren yang disesuaikan dengan kapasitas mahasiswa. Jadi, selain ilmu duniawi, ilmu agama pun diraih. Hingga ada sebuah guyonan sekiranya demikian: Kalah rupo menang dongo, kalah duit menang wirid, kalah pangkat menang tirakat Kalah kabeh mondok maneh (Kalah rupa menang doa, kalah duit menang wirid, kalah pangkat menang tirakat, kalah semua ya mondok lagi).

Maka dari itu, berikut daftar pondok pesantren sekitar Unsoed :

Daftar Pondok Pesantren Dekat Unsoed

1. PPQ Al Amin Purwokerto

Pondok pesantren Al Amin bertempat di Kelurahan Pabuwaran, Purwokerto Utara. Cikal bakal dari pendirian pondok pesantren ini didahului oleh ide K.H. Drs. Ibnu Mukti, M.PdI dan didukung oleh keluarga besar Ibu Hj. Siti Aminah.

Program mengaji dalam ponpes ini adalah program kitab dengan beberapa kitab yang dipelajari antara lain : Tafsir Al-Ibriz, Jurumiyyah, Amsilatustasrifiyah, tuhfathul athfal, Sulamut Taufiq, dll. PPQ Al Amin ini juga mengadakan ekstrakulikuler seperti: qiroah, kaligrafi, olahraga, dll.

2. Pondok Pesantren Darussalam Dukuhwaluh Purwokerto

Pondok Pesantren Darussalam yang terletak di Jalan Sunan Bonan No. 57 Dukuhwaluh, Purwokerto ini dikenal berkat metode pembelajarannya yang kolaboratif antara pesantren salaf dengan pesantren modern. Menurut pengasuh pondok pesantren, K.H. Drs. Chariri Shofa, M.Ag, hal ini dimaksudkan untuk mencetak santri yang islami sekaligus intelek sehingga dapat menyiapkan calon pemimpin yang memiliki keterampilam yang memadai seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi”.

Sarana belajarnya adalah kitab. Dengan mempelajari serta mengkajinya untuk penerapan di kehidupan. Sebagai bekal softskill bagi santri, disediakan berbagai kegiatan seperti diskusi, beladiri, hadroh, khitobiah, dll.

Narahubung: 085600333667

Daftar Pondok Pesantren Dekat Unsoed

3. Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Pondok Pesantren Mambaul Ulum berdiri pada tahun 1938. Pondok pesantren ini diasuh oleh Ust.Ma”amun Al Hafidz. Pondok Pesantren Mambaul Ulum sendiri mempunyai potensi di bidang ekonomi yaitu perikanan/kelautan/maritim. Jumlah santri di Pesantren Mambaul Ulum adalah 348 santri dengan rincian jumlah santri putra berjumlah 207 orang dan santri putri berjumlah 141 orang, dengan tenaga pengajar berjumlah 37 orang.

Alamat: Babakan, Rt.01/7, Karanglewas, Banyumas.

Narahubung : 085227323934

4. Pesantren Roudhotul Qur’an Banyumas

Pondok Pesantren Putri Roudhotul Qur’an (untuk selanjutnya di sebut dengan PPRQ) didirikan oleh Hj. Badi’ah Munawwir, putri pasangan K.H M. Munawwir dan Ny. Hj. Salimah. Dengan program tahfidz Alquran serta diniyah (kitab). Santri pun dibekali softskill seperti marawis, seni baca Aquran, olahraga dan lain-lain.

Alamat: Desa Sirau RT.02 / RW.02, Kemranjen, Sirau, Kabupaten Banyumas

Telepon: 0858-4257-6554

 

Baca Juga:

1. Pondok pesantren sekitar Unnes

2. Pondok pesantren sekitar Undip

3. Pondok pesantren sekitar UGM dan UNY

Tim redaksi Suarr.id

About Redaksi

Tim redaksi Suarr.id

View all posts by Redaksi →