Pondok Sekitar Undip (Kuliah Sambil Mondok)

Pondok sekitar Undip

Pondok sekitar Undip – Kuliah sambil mondok seringkali menjadi pilihan yang diambil oleh mahasiswa yang juga ingin mempelajari ilmu agama. Selain belajar mendalami ilmu agama, kebanyakan alasan mengapa mahasiswa yang memilih hidup di pondok pesantren adalah agar mereka mendapatkan lingkungan yang baik, dan semakin dekat dengan para ulama’.

Hampir di semua universitas besar baik negeri maupun swasta pasti ada pondok pesantren di sekitarnya, tak terkecuali Universitas Diponegoro (Undip).

Pondok sekitar Undip:

1. Pesantren Madinah Munawwarah (PMM) Semarang

Pesantren Madinah Munawwarah (PMM) adalah salah satu pondok sekitar Undip yang berazaskan akidah ahlussunah wal jamaah. Menurut informasi dari website resminya pesantren ini digagas oleh Guru Mulia Al-Arif billah Mbah K.H. Abdul Wahid Dahlan Al-Mutamakkin Rohimahullah, Bapak Mustofa Azhari beserta keluarga besar Habib Toha Putra Al-Munawwar khususnya Habib Hasan Toha Putra Al- Munawwar.

Pesantren yang berada di dekat kampus Undip ini diasuh oleh KH Yahya Al-Mutamakkin dan mengambil konsep pesantren mahasiswa. Jadi, jadwal mengaji disesuaikan dengan jadwal kuliah mahasiswa. Jadwal mengaji di pesantren ini hanya ketika sebelum Maghrib sampai ba’da Isya (sekitar jam 8) dan pagi mulai dari subuh hingga sekitar jam setengah tujuh. Kalaupun ada kuliah malam seperti di Polines (Politeknik Negeri Semarang bisa izin dan dimaklumi).

Alamat:

– Sekretariat & pondok putri: Jl Durian Raya No 73, Banyumanik, Semarang

-Masjid & pondok putra: Jl Durian Raya No 27B, Banyumanik, Semarang

Official Account:

-Web: pmm.or.id

-Instagram: @pmmsemarang

Informasi lebih lanjut, hubungi 085325222527 Putra (Mirza)/085741387932 Putri (Dila)

2. Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu

Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu  adalah pondok salafi modern yang bernafaskan aqidah ahlu sunnah wal jamaah dengan berpegang teguh pada ulama-ulama salaf. Salah satu pondok sekitar Undip ini fokus memberikan pendidikan untuk menghafal Al-Qur’an dan pembelajaran kitab kuning. Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu berdiri pada tanggal 16 Mei 2000 dan telah meluluskan ratusan santri dari berbagai daerah di Indonesia. Santri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu mayoritas terdiri dari mahasiswa kampus Undip, Polines dan Unnes. Selain itu, santri Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu juga ada yang berstatus pegawai yang bekerja di daerah Semarang dan pelajar sekolah menengah atas.

Baca juga: Pondok Pesantren Sekitar Unnes

Sistem pembelajaran di pesantren Kyai Galang Sewu ini disesuaikan dengan kegiatan kampus secara umum. Hal ini dilakukan mengingat bervariasinya jurusan ataupun program studi yang di tempuh santri di perguruan tinggi ataupun di sekolah. Penataan jadwal pembelajaran yang sinergi antara kampus atau sekolah dengan pesantren ini dimaksudkan agar keilmuan yang diperoleh di pondok dan di lembaga formal dapat tercapai dengan baik. Segala upaya tersebut dilakukan untuk menghasilkan lulusan pesantren yang berimtaq, berakhlaqul karimah, mengusai bidang keilmuan dan berdaya saing.

Alamat:

Jalan Jurang Blimbing Raya nomor 11 RT 3 RW 4 Tembalang, Semarang

Telepon: (024) 76480854

3. Pondok Pesantren Nurul Hikmah

Pondok Pesantren Putra-Putri Nurul Hikmah adalah pondok pesantren yang kental dengan nuansa Nahdlatul Ulama. Diasuh oleh Ustadz Ahmad Muhlisun S.Kom.I. Santri di pondok ini mayoritas berasal dari mahasiswa beberapa kampus sekitar seperti Undip, Polines, Poltekes, dan Universitas Pandanaran.

Di pesantren ini terdapat 2 program pembelajaran yang disesuaikan dengan kapasitas mahasiswa, yakni program tahfidz dan program kitab. Kegiatan mengaji dilakukan setelah Maghrib hingga setelah Isya sekitar jam setengah sembilan dan juga setelah Subuh. Tidak hanya itu, di pesantren ini juga tersedia ekstrakurikuler seperti rebana, kaligrafi, khitobiyah dan lain-lain.

Alamat:

Jl. Baskoro Raya No. 61, Tembalang, Semarang (dekat dengan Fakultas Hukum UNDIP dan Politeknik Negeri Semarang).

Narahubung:

085329421783 (Rachmad)

089672060337 (Indah)

Official Account:

Facebook: Ponpesma Nurul Hikmah

Instagram : @ponpesma_nurulhikmah

4. Lembaga Pendidikan Islam Al-Fattah

Lembaga Pendidikan Islam Al-fattah merupakan lembaga pendidikan dalam bidang agama Islam yang berada di bawah naungan Yayasan Al-Fattah Sumurboto. Secara geografis Pondok Pesantren Al-Fattah berada di Kelurahan Sumurboto, Banyumanik, Semarang. Letak tersebut menjadikan Pondok Pesantren Al-Fattah Sumurboto tergolong sebagai salah satu pondok di sekitar Undip (Universitas Diponegoro), Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang, dan Universitas Pandanaran (Unpand).

Alamat:

Jl. Sumurboto II/10F Kel. Sumurboto Kec. Banyumanik, Semarang (gang depan SUPERINDO Ngesrep)

Narahubung:

0856-4167-3020 (Kang Syahrir)

0812-4952-4713 (Kang Muchsin)

Media:

Email: contact@alfattah.org

Web: www.alfattah.org

Ig: @santrialfattahsumurboto

Fb: lpi alfattah

5. Pondok Pesantren Insanul Iman

Pondok sekitar Undip selanjutnya adalah Pondok Pesantren Insanul Iman. Pesantren Mahasiswa Insanul Iman bercita-cita untuk menggabungkan sisi positif perguruan tinggi dan pesantren untuk mewujudkan generasi yang mempunyai penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, berbudi pekerti luhur serta memiliki kepribadian dengan tetap memegang budaya dan semangat keindonesiaan.

Pesantren Mahasiswa Insanul Iman merupakan bagian dari masyarakat, Oleh karena itu, Pesantren Mahasiswa Insanul Iman selalu menjaga dan membina hubungan silaturrahim dengan masyarakat melalui kegiatan sosial kemasyarakatan dan keagamaan.

Alamat:

Jl. Turus Asri RT 06/03 Bulusan, Tembalang (belakang Polsek Tembalang), Semarang.

Tlp. :(024) 70407914 / 08156667121

E-mail:insanuliman@gmail.com

6. Pondok Pesantren Subulussalam (putra) & Darussalam (putri)
Alamat:

Jl. Setiabudi No. 105 Banyumanik, Semarang (depan patung Diponegoro)

Kontak: 089668829869 (pa.) / 085748859259 (pi.)

Tim redaksi Suarr.id

About Redaksi

Tim redaksi Suarr.id

View all posts by Redaksi →